Senin, 02 Januari 2012

PUBERTAS

          Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisikpsikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur delapan hingga sepuluh tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Pada masa ini memang pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Pada wanita pubertas ditandai dengan menstruasi pertama (menarche), sedangkan pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah. Kini, dikenal adanya pubertas dini pada remaja. Penyebab pubertas dini ialah bahwa bahan kimia DDT sendiri, DDE, mempunyai efek yang mirip dengan hormon estrogen. Hormon ini diketahui sangat berperan dalam mengatur perkembangan seks wanita.
Pada masa-masa inilah, banyak hal yang bakalan terjadi sama kamu. Hal-hal yang mungkin pernah kamu lihat pada kakak-kakakmu, saudaramu, ataupun teman-teman yang sudah lebih dewasa. Postur tubuh jelas dong, akan berubah. Pada usia pubertas, pertumbuhan badan akan berkembang dengan pesat. Tentunya, sesuai dengan asupan gizi juga yang malas makan makanan bergizi jangan nyesel lho kalau perkembangan tubuh pun nggak optimal. Bagaimana mau optimal coba kalau nggak ada asupan yang bergizi dan bernutrisi yang cukup untuk mengembangkan perkembangan postur tubuh kamu. Padahal, badanmu ini bisa jadi modal yang sangat berharga nantinya kelak.
Pubertas terjadi karena hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis, pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh. Reaksi yang dihasilkan adalah munculnya tanda-tanda organ kelamin yang bisa membedakan antara cewek dengan cowok. Pada masa ini, tubuhmu sudah mulai memproduksi hormon-hormon seks sehingga organ-organ reproduksi berfungsi dan menjadikan tubuhmu pun mengalami perubahan.
Menjadi dewasa itu tidak gampang, setidaknya banyak yang harus kamu kenali dengan berbagai perubahan pada dirimu. Khususnya hal-hal yang bisa menunjang penampilan fisik kamu seperti, postur badan dan penampilan fisik kita.
Dikutip dari :
Abqary, Iwok dan Lengkana, Lili. 2006, Magical sweetseventeen!. Bandung: Penerbit CINTA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar